Proses Pengolahan Nata de Cassava

2 komentar
Kabar Agro. Nata de Cassava merupakan jenis nata yang terbuat dari bahan dasar singkong. Nata de Cassava adalah makanan pencuci mulut yang kaya serat terbuat dari air hasil samping produksi tapioka yang melewati proses fermentasi menggunakan Acetobacter xylinum. Nata de Cassava secara biokimia adalah untaian atau rajutan selulosa yang dihasilkan dan disekresikan oleh sel-sel Acetobacter xylinum yang menyerap air. Selulosa dihasilkan oleh Acetobacter xylinum melalui proses asimilasi atau pengubahan zat gula yang sederhana menjadi senyawa karbohidrat yang lebih kompleks berupa selulosa. Selulosa tampak mata seperti benang, atau seperti kapas.

Nutrisi yang terkandungdi dalam Nata de Cassava sangat rendah. Nata de Cassava tidak mengandung vitamin, lemak, dan protein. Kalori yang dihasilkan juga sangat rendah karena secara biokimia sebenarnya Nata de Cassava ini merupakan selulosa yang menyerap air. Manusia tidak memiliki enzim selulase dalam pencernaannya, sehingga tidak dapat mencerna Nata de Cassava menjadi gula sederhana berupa glukosa sebagai sumber energi. Hal tersebut menyebabkan Nata de Cassava tidak menyebabkan kegemukan, sehingga Nata de Cassava sangat cocok diamakan untuk mereka yang sedang menjalankan program diet.

Namun dari sisi cita rasa, tekstur atau kekenyalan Nata de Cassava memberi cita rasa yang menarik dan disukai oleh konsumen. Nata de Cassava dapat dibuat dalam berbagai bentuk seperti dadu, irisan tipis, irisan kecil memanjang, maupun serpihan tidak teratur. Dari sisi tampilan warna Nata de Cassava juga dapat dibuat menjasi beragam warna sesuai dengan keinginan kita, dengan cara merendam nata pada air yang sudah diberi pewarna makanan. Demikian rasa dari nata ini dapat kita buat dalam berbagi rasa seperti  manis asam, tawar tergantung penambahan bahan tambahan pangan yang menyebabkan rasa tertentu.

Proses Pembuatan Nata de Cassava
Untuk membuat Nata de Cassava dapat digunakan nampan ukuran kecil, sedang ataupun besar tergantung pada keinginan kita dan bahan yang ada. Proses pembuatan Nata de Cassava dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  1. Substrat steril sebanyak 20 L diinokulasi dengan bibit  Acetobacter xylinum  MGCa 10.5 cair sebanyak 10% atau sebanyak 2 L
  2. Substrat diaduk dengan pengaduk steril supaya supaya substrat dan bibit tercampur dengan rata
  3. Nampan steril diisi dengan substrat yang telah disiapkan dengan kedalaman media kurang lebih 2 cm
  4. Nampan ditutup dengan kertas yang bersih atau steril
  5. Diinkubasi pada suhu ruang selama 8 hari
  6. Setelah 8 hari Nata de Cassava dapat dipanen dengan ketebalan 1,25-1,5 cm
Produksi Nata de Cassava dilakukan ditempat yang bersih, bebas debu serta memungkinkan tersedianya sirkulasi udara secara baik. Selama proses fermentasi atau inkubasi dijaga agar tidak ada hewan kecil yang masuk menyebabkan kontaminasi seperti semut, cicak, kecoa, tikus dan lain-lain.

2 Responses so far.

  1. dimana mendapatkan bahannya untuk kami yang berada di pedesaan

  2. dimana kita bisa dapatkan bibit Acetobacter xylinum tsbt,,,,

Leave a Reply

 
Kabar Agro © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings