Ekonomi Teknik

0 komentar
Kabar Agro.Kali ini saya akan membagi ilmu mengenai Mata Kuliah Ekonomi Teknik yang saya dapatkan di perkuliahan. Yang pertama mengenai pengertian dan konsep Ekonomi Teknik.
Ekonomi Teknik adalah suatu ilmu pengetahuan yang menjelaskan bagaimana meyode menilai suatu dengan teknik yang direncanakan juga layak ekonomis atau menguntungkan untuk direalisasikan.
Konsep Dasar Analisis Ekonomi Teknik:


* Menurut KUIPER (1997)menyebutkan bahwa ada 2 dasar pemikiran dalam hal keuangan yang lebih ditekankan pada konsep alami atau logika pemikiran daripada matematis yaitu:
1. Bila meminjam uang kepada orang lain, ia berhak mendapatkan bunga sesuai dengan periode pengembalainnya.
2. Sejumlah uang tertentu pada pada masa sekarang mendapat bunga dari waktu ke waktu akan berkembang menjadi jumlah yang sangat besar tergantung dari tingkat suku bunga dan periode pengembalian.

Menanggapi pernyataan KUIPER di atas ada beberapa respon dari masyarakat anatara lain:
- Pandangan sama: Uang yg dipinjam akan terus berlipat ganda (compound) kuantitasnya walaupun tingkat bunga tetap sepanjang waktu.
Bunga biasa (simple interest) -> penambahan hanya tergantung dari periode waktu
Bunga yg berlipat ganda (compound interest) -> kuantitas penambahan tergantung periode waktu dan bunga krn bunga akan berbunga lagi.

- Pandangan yang berbeda menyatakan lender menganggap bunga sebagai bentuk hadiah atas peluang/kesempatan meminjamkan. Sebagai kompensasi dari uangnya bila uang tersebut dipakai untuk keperluan lain.
Untuk selengkapnya dapat anda Download di sini

Leave a Reply

 
Kabar Agro © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings