Kimia

0 komentar
Kabar Agro. Kali ini saya akan membagi ilmu yang saya dapat pada waktu perkuliahan semester I di Universitas Brawijaya Fakultas Teknologi Pertanian Jurusan Keteknikan Pertanian yaitu mata kuliah Kimia Dasar 1. Pada mata kuliah ini akan dibahas materi-materi seperti Atom, Kesetimbangan Asam Basa dan Kesetimbangan Larutan, Larutan Buffer, Reaksi Redoks, Sifat Fisis Larutan, dan juga Spektofotometri.

Namun pada postingan kali ini saya akan membahas pendahuluan mengenai kimia. Kimia adalah ilmu yang mempelajari Materi dan Perubahannya. Kita tahu bahwa materi adalah sesuatu yang menempati ruang dan dan memiliki masa. Sedangkan Zat adalah materi yang memiliki susunan tertentu atau tetap dan sifat yang tertentu pula.

Campuran adalah penggabungan dua zat atau lebih dimana pada proses penggabungan ini masing-masing zat mempertahankan identitas masing-masing. Secara umum campuran ada 2 macam yaitu campuran homogen dan heterogen. Campuran homogen adalah campuran serba sama atau campuran dimana diseluruh bagian campuran itu akan sama. Jadi di dalam campuran homogen ini tidak dapat dipisahkan lagi antara zat yang telah tercampur, contoh dari campuran homogem adalah softdrink, susu dll. Sedangkan campuran heterogen adalah campuran dimana jika diambil sampel dari bagian campuran itu hasilnya tidak sama, atau masih dapat dipisahkan antara zat yang tercampur. Contoh dari campuran heterogen adalah semen, campuran serbuk besi dll.

Ada beberapa cara untuk memisahkan campuran yaitu dengan cara fisika dan cara kimia. Cara fisika dapat dilakukan dengan cara yang sangat sederhan misalnya dengan mendekatkan magnet pada campuran pasir dan serbuk besi yang nanti akan terpisah antara pasir dan serbuk besi. Cara fisika dapat digunakan untuk memisahkan komponen campuran menjadi komponen-komponen murninya. Dan apabila suatu campuran tidak dapat dipisahkan dengan cara fisika maka dapat dilakukan dengan cara kimia.

Unsur adalah suatu zat yang tidak dapat dipisahkan lagi menjadi zat yang lebih sederhana dengan cara kimia. Di Bumi ini ada sekitar 113 unsur yang telah teridentifikasi. 113 unsur ini terdiri dari 82 unsur terdapat secara alami di bumi seperti emas, perak, besi, tembaga dll. Sedangkan sisianya yaitu 31 unsur telah dibuat oleh ilmuan. Contoh unsur yang dibuat oleh ilmuan seperti teknetium, amerisium, seaborgium.

Senyawa adalah suatu zat yang tersusun dari dua unsur atau lebih yang terikat oleh ikatan kimia dengan perbandingan tetap. Jadi senyawa ini merupakan gabungan dari unsur-unsur. Senyawa dapat dipisahkan dengan cara kimia menjadi unsur-unsur murninya. Contoh dari senyawa adalah air(H20), Glukosa(C6H12O6)dan Amonium(NH3).

Sekian dulu yang dapat saya bagikan tentang kimia pada postingan kali ini.Insaallah akan saya lanjutkan pada postingan selanjutnya, semoga bermanfaat dan Terimakasih. 

Leave a Reply

 
Kabar Agro © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings