Tentang Buah Pisang

0 komentar
Kabar Agro. Menurut sejarah, pisang berasal dari Asia Tenggara yang oleh para penyebar agama Islam disebarkan ke Afrika Barat, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Selanjutnya pisang menyebar ke seluruh dunia, meliputi daerah tropis dan sub tropis. Negara-negara pengahsil pisang yang terkenal diantaranya Brasil, Filipina, Panama, Honduras, India, Equador, Thailand, Karibia, Columbia, Meksiko, Venezuela dan Hawai. Indonesia merupakan negara penghasil pisang.


nomor empat di dunia (Suyanti Satuhu, Achmad Supriyadi, 2000). Pohon pisang selalu melakukan regenerasi sebelum berbuah dan mati, yaitu melalui tunas-tunas yang tumbuh pada bonggolnya. Dengan cara itulah pohon pisang mempertahankan eksistensinya untuk memberikan manfaat kepada
manusia.
Jenis Pisang   Menurut Suhardiman, 1997, jenis-jenis pisang dapat dibedakan dalam 3 kelompok, yakni jenis pisang umum, pisang kemersial dan jenis lain.a. Jenis umum Contoh pisang jenis ini adalah: pisang serat (Noe musa textiles) diambil seratnya, pisang hias (Helicona indicak lank), pisang buah (Musa paradisiacal lank) , yang termasuk pisang buah: golongan langsung dimakan seperti kapok, susu, hijau, mas, raja dan golongan setetlah dimasak atau diolah, contohnya : pisang tanduk, pisang raja uli, pisang kapas, pisang bengkulu.b. Jenis pisang komersial Banyak terdapat dipasaran baik di pasar umum maupun di supermarket. Contohnya adalah pisang barangan, raja, raja sere, raja uli, raja molo, raja kul, raja nangka, ambon, pisang kapas dan lain-lain.c. Jenis lain Jenis-jenis pisang lain contohnya adalah pisang awak, badak, camar putih, rayap, kawista dan lain lain.

Leave a Reply

 
Kabar Agro © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings