Budidaya Kakao Harapan Baru Petani Tulungagung

0 komentar
Kakao Indonesia mempunyai peluang pasar yang bagus saat ini, khususnya ke daratan Cina. Hal ini disebabkan situasi keamanan negara-negara Afrika penghasil kakao saat ini kurang kondusif, oleh karena itu kita bisa memanfaatkan peluang yang baik tersebut dengan cara melakukan budidaya kakao baik perlakuan pra panen maupun pasca panen, sehingga bisa menembus pasar internasional.


Tulungagung merupakan salah satu [I]Cocoa Belt[/I] di Jawa Timur, yaitu pengembangan tanaman kakao yang dilaksanakan di bagian selatan Jawa Timur mulai dari Kabupaten Pacitan ke arah timur sampai dengan Kabupaten Banyuwangi.

Pengembangan kakao di Tulungagung mempunyai sasaran sebagai berikut:

[*]Target luas areal 580 ha didukung ketersediaan bibit sebanyak 530.000 batang.[/*]
[*]Pengembangan kakao akan dilaksanakan di Kecamatan Rejotangan, Kalidawir, Besuki, Sumbergempol, Ngunut, Tanggunggunung, dan Ngantru.[/*]

Daya tarik kakao terletak pada harga komoditinya yang saat ini sangat menggairahkan bagi petani yaitu mencapai Rp.22.000/kg ose kering. Selain itu, dengan enggunaan bibit SE (benih Somatic Embriyogenetic), hasil panen dapat segera dirasakan manfaatnya oleh petani karana cepat berproduksi serta memiliki kualitas dan kuantitas yang cukup baik.


sumber: tulungagung.go.id

Leave a Reply

 
Kabar Agro © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings