Varietas Unggul Kacang Tanah Tahan Bercak dan Karat Daun

0 komentar
Kabar AgroPeningkatan produksi kacang tanah terus dilakukan agar kekurangan produksi dalam negeri dapat dipenuhi. Kendala peningkatan produksi pada akhir-akhir ini adalah adanya dampak perubahan iklim yang dapat menyebabkan kekeringan dan mewabahnya penyakit pada kacang tanah.  Salah satu masalah biotik utama tanaman kacang tanah adalah penyakit bercak daun dan karat daun dan masalah abiotik adalah kekeringan pada akhir masa pertumbuhan akibat pergantian musim hujan ke musim kemarau yang terjadi secara tegas. Kegiatan pemuliaan tanaman kacang tanah ke arah peningkatan produktivitas serta ketahanan terhadap beberapa masalah di atas terus dilakukan, Hypoma1 dan Hypoma2 adalah dua nama varietas unggul baru yang berhasil dilepas akhir tahun 2011.

Hypoma 1 adaptatif  di lingkungan optimal, dengan potensi hasil  3,70 t/ha polong kering (rata-rata nasional 2 t/ha). Varietas tersebut cukup tahan terhadap penyakit bercak dan karat daun sekaligus agak tahan terhadap penyakit layu bakteri (Ralstonia solanacearum). Varietas Hypoma2 mempunyai daya adaptasi umum yang baik terutama di lingkungan-lingkungan dengan musim hujan yang terbatas yang sering menyebabkan tanaman kacang tanah mengalami cekaman kekeringan pada fase generatif. Potensi hasil varietas Hypoma2 mencapai 3,50 t/ha polong kering (rata-rata nasional 2 t/ha), toleran kekeringan, serta agak tahan terhadap penyakit bercak dan karat daun.

Kacang tanah varietas Hypoma1 dan Hypoma2 tergolong ke dalam tipe Spanish (dua biji/polong), ukuran polong dan biji sedang, kulit ari biji berwarna rose, dan umur masak antara 90-91 hari. Dengan karakter demikian kedua varietas tersebut dapat ditanam di daerah dengan jumlah bulan basah yang pendek, atau daerah yang memiliki tipe iklim D. Selain itu kacang tanah berumur genjah – sedang akan meningkatkan intensitas panen dan terhindar dari kekeringan.

Sumber : litbang.deptan.go.id

Leave a Reply

 
Kabar Agro © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings