Ulat Bulu Yang Menyerang Tulungagung Berjenis Sama

0 komentar
Beberapa ulat bulu yang menyerang tanaman warga Desa Bendorejo Kecamatan Ngantru, Kelurahan Kutoanyar, Kecamatan Tulungagung serta Desa Pelem, Kecamatan Campurdarat Tulungagung, telah berhasil diidentifikasi oleh Petugas dari Laboratorium Pengamatan Hama Penyakit Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur.

Pernyataan ini disampaikan oleh Koordinator Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupetan Tulungagung, Sugeng, SP. "Kami baru saja mendapat informasi dari lab, bahwa penelitian terhadap contoh ulat yang menyerang di beberapa desa di tiga kecamatan di Kabupaten Tulungagung, teridentifikasi dari famili [I]Lymantridaee [/I]yang berasal dari kupu-kupu malam atau [I]Nocturno[/I]," ujar Sugeng kepada beberapa wartawan yang menanyainya. Sementara pola makan dari ulat bulu yang menyerang di Tulungagung adalah [I]Polypag [/I]atau makan beberapa jenis daun tanaman yang ada.

Namun demikian Sugeng berharap warga tidak usah resah dengan keberadaan ulat bulu tersebut, karena Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Tulungagung telah menyiapkan pestisida untuk mengendalikan hama tersebut. Namun demikian pengendalian paling efektif, menurut Koordinator POPT ini adalah dengan cara mekanis, yakni dengan membakar ulat yang menempel di pohon.

Sampai dengan Jumat siang ini, serangan ulat bulu tersebut belum berdampak secara ekonomi, karena ulat bulu yang ditemukan masih menempel di batang pohon, belum sampai menghabiskan daun yang ada, seperti yang terjadi di daerah Probolinggo. Namun demikian dia berharap, masyarakat tetap waspada dan segera memberikan informasi ke Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Tulungagung. "Kalau tidak masyarakat juga bisa menghubungi petugas kami yang ada di tiap tiap kecamatan," jelasnya. (Okky Diperta)

sumber: tulungagung.go.id

Leave a Reply

 
Kabar Agro © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings