Bertanam Jarak Pagar

0 komentar
Kalau pada postingan sebelumnya kita membahas jarak pagar yang dapat yang dapatdigunakan sebagai energi maka pada postingan kali ini kita akan membahas bagaimana cara menanam jarak pagar tersebut.
Walaupun Jarak Pagar ini mudah tumbuh di berbagai tempat, tetapi agar Jarak Pagar ini dapat tmbuh dengan maksimal dan menghasilkan buah yang banyak Jarak Pagar membutuhkan lingkungan yang mendukung seperti:
1. Lahan yang dikehendaki adalah Lahan Kering Dataran Rendah Beriklim Kering
2. Ketinggian tanah 0 - 500 m diatas permukaan laut
3. Suhu < 20 º 

4. Curah hujan 300 - 1000 mm / tahun 
5. pH tanah 5,5 - 6,5
apabila kondisi lingkungan tidak sesuai dengan yang telah disbutkan di atas maka hal itu dapat mengganggu pertumbuhn tanaman dan produksi buahnya tidak maksimal. Untuk bibit dari Jarak Pagar ini bias manggunakan biji buah yang sudah kering yang dihasilkan oleh tanaman itu sendiri ataupun dengan cara stek. 

Cara perawatan tanaman ini cukup mudah. Hal yang harus diperhatikan antara lain;
1. Gulma yang tumbuh di sekitar tanaman yang dapat mengganggu tanaman. Gulma dapat dibersihkan dengan cara manual yaitu dengan dicabut atau dengan obat. Tapi dengan cara manual lebih baik dilakukan.
2. Drainase harus baik, karena tanaman ini akan tidak optimal pertumbuhannya dan produksi buahnya bila berada pada lingkungan yang mempunyai drainase yang buruk. 
3. Pemangkasan bentuk dilaksanakan setelah tanaman mencapai tinggi 1 m, tujuan pemangkasan adalah untuk mendapatkan percabangan baru, agar produksi buahnya maksimal.
4. Pemupukan secara umum yang direkomendasikan untuk 1 Ha/tahun adalah UREA 50 kg, SP36 150 kg dan KCl 30 kg. Lebih diajurkan lagi ditambah dengan pupuk kandang sebanyak 1 -2 kg /tanaman.

Dengan perawatan yang baik maka tanaman Jarak Pagar ini akan tumbuh dan menghasilkan buah yang optimal. Tanaman Jarak Pagar ini biasanya menghasilkan buah setelah tanaman berumur kurang lebih 6 bulan. Sedangkan produksi maksimal buah dicapai antara umur 4-6 tahun,sedangkan untuk umur maksimal Jarak Pagar ini bias mencapai 50 tahun. Panen dapat dilakukan jika sudah ada buah yang telah berwarna kuning yang berumur sekitar 90 hari. Buah Jarak Pagar ini bisanya tidak matang secara bersamaan melainkan hanya beberapa buah yang matang harus sering-sering mengawsi perkembangan buahnya.


sumber gambar: http://afason.itrademarket.com

Leave a Reply

 
Kabar Agro © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings