Pemanfaatan Biji Kapas Untuk Minyak Makan

0 komentar
Kabar Agro. Pemanfaatan biji kapas untuk minyak makan dapat memberikan nilai tambah dalam agribisnis kapas yang pada akhirnya akan memberikan peningkatan pendapatan petani, menunjang program ketahanan pangan, serta meningkatkan produksi serat kapas yang selama ini 99% masih harus diimport.

Dengan mengetahui potensi kandungan dan mutu minyak biji kapas dari varietas yang dikembangkan, tehnik atau bahan yang akan digunakan dalam proses ekstraksi dan penjernihan minyak kapas yang memenuhi syarat sebagai minyak makan serta teknik penyimpanan biji kapas untuk mempertahankan mutu dan kandungan minyak biji kapas. Penelitian ini diharapkan dapat menunjang pengembangan minyak biji kapas sebagai minyak makan. 



Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :


1. Diperoleh informasi produktivitas kapas berbiji tertinggi dicapai pada varietas Kanesia 10 yaitu sebesar 1.820 kg per ha. Sebagai bahan baku minyak makan, produksi biji tertinggi per satuan luas dicapai oleh varietas Kanesia 15 yaitu sebesar 1037 kg/ha. Persentase kandungan minyak tertinggi mencapai 25,03% adalah varietas introduksi ISA 205. Penghasil minyak per satuan luas yang relatif tinggi yaitu berkisar 205 – 231 kg/ha adalah berturut-turut varietas Kanesia 8, Kanesia 13, Kanesia 14, Kanesia 15, dan ISA 205. 


2. Diperoleh teknik penjernihan minyak biji kapas relatif sederhana 4 tahap yaitu deguming, netralisasi, pemucatan, dan penyaringan. Perubahan warna dan kejernihan minyak biji kapas terus meningkat seiring dengan tahap proses yang dilalui. Hasil akhir proses pernjernihan minyak ini berwarna kuning kecoklatan dan jernih.

3. Diperoleh teknik penyimpanan biji kapas yang dapat mempertahankan kandungan dan mutu minyak biji kapas. Pengaruh lama waktu penyimpanan biji kapas kabu-kabu sampai 225 hari atau tidak langsung diproses menjadi minyak makan, relatif kecil menurunkan berat 100 biji dan kandungan minyak serta meningkatkan angka asam. Pengaruh penggunaan berbagai jenis kemasan, relatif tidak berbeda dibanding penyimpanan terbuka. Angka peroksida tidak dipengaruhi oleh waktu penyimpanan dan jenis kemasan.

Sumber : Puslitbangbun

Leave a Reply

 
Kabar Agro © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings